rss

Selasa, 29 September 2009

Makna 2 Kalimat Shahadat.



Assalamu’alaikum Wr Wb
Syahadat merupakan asas dan dasar bagi rukun Islam lainnya. Syahadat merupakan ruh, inti dan landasan seluruh ajaran Islam. Setiap orang yang masuk / memeluk agama islam diwajibkan terlebih dahulu membaca kalimah syahadat. Syahadat sering disebut dengan Syahadatain karena terdiri dari 2 kalimat (Dalam bahasa arab Syahadatain berarti 2 kalimat Syahadat). Kedua kalimat syahadat itu adalah:

1. Asyhadu An-Laa Ilâha Illallâh,
2. wa Asyhadu Anna Muhammadar Rasulullâh

Kalimat pertama menunjukkan pengakuan tauhid. Artinya, seorang muslim hanya mempercayai Allâh SWT sebagai satu-satunya Allah SWT Jadi dengan mengikrarkan kalimat pertama, seorang muslim memantapkan diri untuk menjadikan hanya Allâh SWT sebagai tujuan, motivasi, dan jalan hidup.
Kalimat kedua menunjukkan pengakuan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allâh. Dengan mengikrarkan kalimat ini seorang muslim memantapkan diri untuk meyakini ajaran Allâh seperti yang disampaikan melalui Muhammad SAW,
Berapa kali dalam sehari semalam kita diwajibkan untuk membaca syahadat ………..?
Jawaban nya ada dua yakni 9 kali lo….. kok bisa …….. ????
Pertama : kita umat islam diwajibkan membaca dua kalimah syahadat sebanyak 9 kali dalam sehari semalam, implementasinya terdapat dalam jumlah tahiyat dalam sholat seperti kita tahu dalam bacaan tahiyat terdapat dua kalimah syahadat bukan …!? Maka jika kita hitung

1. Subuh 1 Kali tahiyat = membaca syahadat 1 kali
2. Dzuhur, ashar, maghrib, dan isya’ masing-masing 2 kali syahadat : 2 x 4 = 8

Dari jumlah diatas diketahui bahwasanya kita wajib membaca syahadat 9 kali dalam sehari semalam.
Kandungan Kalimat Syahadat

• Ikrar
Ikrar yaitu suatu pernyataan seorang muslim mengenai apa yang diyakininya.Ketika kita mengucapkan kalimat syahadah, maka kita memiliki kewajiban untuk menegakkan dan memperjuangkan apa yang kita ikrarkan itu.

• Sumpah
Syahadat juga bermakna sumpah. Seseorang yang bersumpah, berarti dia bersedia menerima akibat dan resiko apapun dalam mengamalkan sumpahnya tersebut. Artinya, Seorang muslim itu berarti siap dan bertanggung jawab dalam tegaknya Islam dan penegakan ajaran Islam.

• Janji
Syahadat juga bermakna janji. Artinya, setiap muslim adalah orang-orang yang berjanji setia untuk mendengar dan taat dalam segala keadaan terhadap semua perintah Allah SWT, yang terkandung dalam Al Qur'an maupun Sunnah Rasul.

Syarat Syahadat
Kaligrafi tulisan syahadat
Syarat syahadat adalah sesuatu yang tanpa keberadaannya maka yang disyaratkannya itu tidak sempurna. Jadi jika seseorang mengucapkan dua kalimat syahadat tanpa memenuhi syarat-syaratnya, bisa dikatakan syahadatnya itu tidak sah.

Syarat syahadat ada 7 (tujuh) , yaitu:

• Pengetahuan
Seseorang yang bersyahadat harus memiliki pengetahuan tentang syahadatnya. Dia wajib memahami isi dari dua kalimat yang dia nyatakan itu, serta bersedia menerima konsekuensi ucapannya.

• Keyakinan
Seseorang yang bersyahadat mesti mengetahui dengan sempurna makna dari syahadat tanpa sedikitpun keraguan terhadap makna tersebut.

• Keikhlasan
Ikhlas berarti bersihnya hati dari segala sesuatu yang bertentangan dengan makna syahadat. Ucapan syahadat yang bercampur dengan riya atau kecenderungan tertentu tidak akan diterima oleh Allah SWT.

• Kejujuran
Kejujuran adalah kesesuaian antara ucapan dan perbuatan. Pernyataan syahadat harus dinyatakan dengan lisan, diyakini dalam hati, lalu diaktualisasikan dalam amal perbuatan.

• Kecintaan
Kecintaan berarti mencintai Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang yang beriman. Cinta juga harus disertai dengan amarah yaitu kemarahan terhadap segala sesuatu yang bertentangan dengan syahadat, atau dengan kata lain, semua ilmu dan amal yang menyalahi sunnah Rasulullah SAW.

• Penerimaan
Penerimaan berarti penerimaan hati terhadap segala sesuatu yang datang dari Allah dan Rasul-Nya. Dan hal ini harus membuahkan ketaatan dan ibadah kepada Allah SWT, dengan jalan meyakini bahwa tak ada yang dapat menunjuki dan menyelamatkannya kecuali ajaran yang datang dari syariat Islam. Artinya, bagi seorang muslim tidak ada pilihan lain kecuali Al Qur'an dan Sunnah Rasul.

• Ketundukan
Ketundukan yaitu tunduk dan menyerahkan diri kepada Allah dan Rasul-Nya secara lahiriyah. Artinya, seorang muslim yang bersyahadat harus mengamalkan semua perintah-Nya dan meninggalkan semua larangan-Nya. Perbedaan antara penerimaan dengan ketundukan yaitu bahwa penerimaan dilakukan dengan hati, sedangkan ketundukan dilakukan dengan fisik.Oleh karena itu, setiap muslim yang bersyahadat selalu siap melaksanakan ajaran Islam dalam kehidupannya.

Makna Syahadat bagi muslim
Bagi penganut agama Islam, Syahadat memiliki makna sebagai berikut :
1. pintu masuk menuju islam; syarat sahnya iman adalah dengan bersyahadatain (bersaksi dengan dua kalimat syahadah)
2. intisari ajaran islam; pokok dari ajaran islam adalah syahadatain, sebagaimana ajaran yang dibawa Nabi-nabi dan Rosul-rosul sebelumnya
3. pondasi iman; bangunan iman dan islam itu sesungguhnya berdiri di atas dua kalimat syahadah
4. pembeda antara muslim dengan kafir; hal ini berkenaan dengan hak-hak dan kewajiban-kewajiban syariat] yang akan diterima atau ditanggung oleh seseorang setelah dia mengucapkan dua kalimat syahadah
5. jaminan masuk surga; Allah SWT memberi jaminan surga kepada orang yang bersyahadatain
Semoga bermanfaat ^_^
tidak ada maksud menggurui, hanya sekedar saling mengingatkan dan berbagi pengetahuan.
wassalamu’alaikum Wr Wb

Artikel Terkait



1 komentar:

An-naman on 26 Desember 2009 05.36 mengatakan...

assalamualaikum.saya masih belum faham tentang masalah syahadat ini,memang ada yang membolehkankita kita mengucapkapkan 2 kaklimah syahadat dalam shalat tapi ada juga yang mewajibkannya utuk mengucapkan kembali seperti kutpan dalam kitab UMMUL BAROHIN wajib mengucapkan 2 kalimah syahadat kal muslim belu mengucapkan 2 kalimah syhadat maka dia belum termasuk dalam katagori islam KAFFAH. Tadi di tulis di sana bahwa dalam sehari kita mengucapkan 2 kalimah syahadat itu 9 kali,itu di dalam shalat,sedangkan di sana bawa syahadat itu bagian syarat dalam shalat bukan syarat kita masuk islam,sedangkan kalo kita belum shahadat terus shalat kitakan belum islam. mohon penjelasannya timakasih,wasalamualaikum.

Translate

Labels

Blog Archive

 

Recent Post

Recent Coment

Pengikut